Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 6, No 2 (2020): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam

PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGELOLA PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 PONTIANAK TAHUN 2019/2020

Kartika Kartika (Program Studi Pendidikan Agama Islam, FAI, Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2021

Abstract

Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kemampuan guru pendidikan agama Islam untuk mengelola pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pontianak tahun 2019/2020 di bawah bimbingan Bapak Dr. Mawardi MM dan M.Alias, S. Ag, M. SiTujuan penelitian ini untuk mendapatkan menjaring informan tentang peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam untuk mengelola pembelajaran di madrasah ibtidaiyah negeri 3 pontianak, adapun masalah penelitian adalah: 1) Perencanaan kepala sekolah dalam proses pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dengan beberapa cara yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru, 2) Pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kemampuan guru, 3) Evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kemampuan guru Pedidikan Agama Islam. Dalam melaksanakan supervisi pendidikan kepada guru-guru dengan menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Adapun Subjek penelitian ini kepala sekolah, wakil kepala, dan dua orang guru. Prosedur pengumpulan data yang digunakan, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Ada sebagian guru yang tidak menggunakan RPP sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran, hal itu tentu menjadi kewajiban kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kemampuan guru. Hasil penelitian ini menyajikan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor menunjukkan hasil yang positif dalam meningkatkan kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran di sekolah tersebut, dalam perencanaan supervisi terhadap guru, baik penyusun program pembelajaran serta membantu memberikan arahan yang baik untuk meningkatkan pengetahuan guru, sedangkan pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mencapai tujuan supervisi dengan melaksanakan proses pembelajaran berjalan dengan efektif sesuai perencanaan dan evaluasi supervisi yang dilakukan, perbaikan dalam pengajaran serta  penguatan dan motivasi, proses pembelajaran dalam perkembangan hasil supervisi pendidikan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

TaK

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2442-756X , e-ISSN: 2528-4487) adalah terbitan berkala ilmiah yang fokus pada promosi hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam ...