Artikel penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan hasil penelitian bahwa ketrampilan dosen dalam mengajar berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Pontianak, 2) Hasil penelitian dapat memberikan kontribusi kepada para dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan, karena kualitas proses pembelajaran sangat tergantung pada kemampuan setiap dosen, dan 3) Hasil penelitian ini akan disampaikan melalui media lokal berupa jurnal kampus dan seminar para dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Pontianak.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex-post facto. Adapun teknik yang digunakan yaitu teknik komukasi langsung berupa angket dengan Skala Guttman untuk mengukur persepsi mahasiswa dan teknik komunikasi tidak langsung berupa documenter.Berdasarkan analisis data maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Rata-rata kemampuan dosen dalam melaksanakan aktivitas mengajar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak adalah 82,84 yang dapat dikategorikan sangat baik, 2) Rata-rata hasil belajar mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak adalah 77,63 (kategori baik) dan 3) Kemampuan dosen dalam melaksanakan aktivitas mengajar berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak. Dan rekomendasikan bahwa 1) Diharapkan beberapa dosen yang kemampuannya masih belum mencapai rata-rata 80 (kategori sangat baik), agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan aktivitas mengajarnya dan 2) Diharapkan semua mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak dapat meningkatkan hasil belajarnya melalui belajar dengan baik di rumah. Kata Kunci: Ketrampilan Dosen Mengajar dan Hasil Belajar Mahasiswa
Copyrights © 2016