Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap mahasiswa dalam pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematika dasar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP USI Pematangsiantar TA 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Biologi FKIP USI Pematangsiantar TA 2019/2020. Sampel dengan teknik random sampling diambil sebanyak 32 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya di uji normalitas data serta di uji homogenitas data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji t, uji R2, uji F. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi linear :Ŷ = 149.606 X - 0.933. Persamaan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika dasar mahasiswa dipengaruhi oleh sikap mahasiswa dalam pembelajaran matematika. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang positif sikap mahasiswa dalam pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematika dasar mahasiswa dapat diterima. 2). Berdasarkan analisis regresi linier sederhana (uji F) diperoleh Fhitung(156.241) > Fsig.(0.000), maka dapat disimpulkan bahwa koefisien arah regresi linear signifikan dengan kontribusi koefisien korelasi sebesar 0.916 sehingga koefisien determinannya 83,9% korelasi sangat tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020