Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis apakah aspek manajemen belajar siswa mencakup rajin dalam belajar, tekun dalam belajar, rapi dalam mengerjakan tugas, memiliki jadwal belajar, disiplin dalam belajar merupakan faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika siswa memiliki pengaruh terhadap pretsasi belajar, dan mengetahui faktor manakah yang dominan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Adapaun pengumpulan data penelitian ini berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dilihat dari aspek manajemen belajar siswa, yakni rajin dalam belajar, tekun dalam belajar, rajin mengerjakan tugas, memiliki jadwal belajar, disiplin dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan hipotesis penelitian, masing- masing faktor memiliki kontribusi untuk mempengaruhi prestasi belajar, dimana untuk variabel rajin dalam belajar (faktornya adalah 0,784), variabel tekun dalam belajar (faktornya adalah 0,871), variabel rajin dalam mengerjakan tugas (faktor nya adalah 0,841), variabel memiliki jadwal belajar ( faktor 1 adalah 0,853), variabel disiplin dalam belajar (faktornya adalah 0,880). Faktor yang paling utama yang mempengaruhi prestasi belajar yang memiliki nilai tertinggi yaitu variabel Disipilin siswa X3 sebesar 0,880.Kata Kunci : Faktor-Faktor Prestasi Belajar, Manajemen Belajar Siswa
Copyrights © 2020