Tujuan penelitian: untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Kontrol Diri Siswa SMP Negeri 36 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eskperimen dengan pendekatan Quasi eksperimen dan menggunakan desain One Group Pre test and Post test. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan Angket Kontrol Diri. Berdasarkan hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan bahwa kontrol diri siswa sebelum diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kategori rendah. Sesudah diberikan perlakuan mengalami penurunan. Berdasarkan analisis inferensial menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh Pvalue= 0,018. Pvalue< α (0,018 < 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh dalam mengembangkan kontrol diri siswa SMP Negeri 36 Konawe Selatan Kata Kunci: Kontrol Diri, Bimbingan Kelompok.
Copyrights © 2018