Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kendari  setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian pre-eksperimen designs. Dalam penelitian ini, bentuk desain ona group pretest-posttest design. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kendari. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Metode analisis data siswa menggunakan uji Wilxocon Match Pairs test. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji Wilxocon Match Pairs test dengan menggunakan taraf signifikansi α = 0,05 yaitu hasil analisis uji Wilxocon Match Pairs test diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.005, dengan uji satu sisi, maka  probabilitas menjadi 0.005/2 =0.0025. Nilai probabilitas = 0.0025 < α = 0.05, maka Ho ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kendari. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar Siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017