Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 1, No 2 (2017)

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 KENDARI

Marlin, Wa Ode (Unknown)
Muharam, La Ode (Unknown)
Aspin, Aspin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kendari  setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian pre-eksperimen designs. Dalam penelitian ini, bentuk desain ona group pretest-posttest design. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kendari. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Metode analisis data siswa menggunakan uji Wilxocon Match Pairs test. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji Wilxocon Match Pairs test dengan menggunakan taraf signifikansi α = 0,05 yaitu hasil analisis uji Wilxocon Match Pairs test diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.005, dengan uji satu sisi, maka  probabilitas menjadi 0.005/2 =0.0025. Nilai probabilitas = 0.0025 < α = 0.05, maka Ho ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kendari. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar Siswa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...