Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 13 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan  pra eksperimen dengan menggunakan desain one group pre test and post test. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan Angket Motivasi Belajar. Berdasarkan hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kategori rendah, sesudah diberikan perlakuan mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis inferensial menggunakan uji wilcoxon dengan taraf sifginifikan α=0,05 diperoleh Pvalue=0,018.  Pvalue < α (0,018 < 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 13 Kendari. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019