Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengurangi perilaku agresi siswa SMP Negeri 2 Wolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif dimana peneliti akan mendeskripsikan atau mengambarkan peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengurangi perilaku agresi siswa SMP Negeri 2 Wolo. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, wali kelas dan Siswa SMP Negeri 2 Wolo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling berperan dalam mengurangi perilaku agresi melalui tindakan preventif (pencegahan) yaitu sebagai komunikator, dan informan, selain itu guru bimbingan dan konseling berperan dalam tindakan represif (pemberian hukuman) yaitu memberikan surat pernyataan dan pemberian skorsing, dan kuratif (rehabilitasi atau penyembuhan) dengan cara sebagai motivator, fasilitator, dan sebagai konselor. Kata Kunci: Peranan Guru, Bimbingan dan Konseling, Perilaku Agresi
Copyrights © 2019