Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 4, No 1 (2020)

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA

Amrizal, Aidy Setiadi (Unknown)
Aspin, Aspin (Unknown)
Arifyanto, Alber Tigor (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa MTs Negeri 1 Kolaka. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kolaka yang berjumlah 417 siswa.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan mengunakan teknik propotional random sampling sebanyak 20% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 87 siswa. Metode pengempulan data menggunakan skala likert.Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) mayoritas motivasi belajar siswa berada pada kategori rendah yaitu sebesar 39 (45%). 2) mayoritas disiplin  belajarsiswa barada pada kategori rendah yaitu sebesar sebesar 25 (29%). 3) berdasarkan hasil analisis inferensial penelitian ini menunjukan ada hubungan positif yang cukup signifikan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa MTs Negeri 1 Kolaka. Hal ini berdasarkan nilai indeks koefisien korelasi sebesar 0,651. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...