Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal siswa SMP Negeri 14 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah 8 siswa SMP Negeri 14 Kendari. Metode analisis data menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor kecerdasan intrapersonal siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok sebesar 133 atau 41,67%, setelah diberikan layanan bimbingan kelompok meningkat menjadi 159 atau 50,44%. Sedangkan hasil analisis inferensial nilai sig. = 0,012 pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kecerdasan intrapersonal siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Kecerdasan Intrapersonal
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020