JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika pada Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bone

Sirwanti Sirwanti (STKIP Muhammadiyah Bone)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematika mahasiswa pendidikan matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Adapun desain yang digunakan adalah pretest-posttest nonequivalent comparison-group design. Lokasi penelitian di program studi pendidikan matematika STKIP Muhammadiyah Bone selama 1 tahun di Tahun akademik 2017/2018. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika yang program mata kuliah Analisis Real yakni sebanyak 31 orang. Adapun hasil penelitian yang di uji dengan menggunakan paired sampel test nilai t sebesar 6,984 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perubahan dari pretest ke posttest dari kedua data tersebut. Artinya pembelajaran problem solving pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematik mahasiswa program studi pendidikan matematika pada mata kuliah Analisis Real.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...