JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 9 No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Hikmah Tente

Suciyati Suciyati (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas VII.A semester I di MTs Darul Hikmah Tente. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Hikmah Tente kelas VII.A yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 18 laki-laki dan 15 perempuan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes evaluasi berbentuk essay tiap akhir siklus. Ketuntasan belajar ≥85% merupakan indikator yang digunakan untuk mengetahui peningkatan terjadi. Hasil penelitian yang didapat adalah Siklus I; nilai rata-rata hasil belajar siswa 69,2 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 72,7%. Sedangkan pada Siklus II; nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 74 dengan persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 18,2% menjadi 90,9%. Hasil tersebut menunjukkan sudah tercapainya penelitian yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII.A MTs Darul Hikmah Tente.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...