Jurnal Doktor Manajemen (JDM)
Vol 3, No 1 (2020): APRIL 2020

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Pada Rs. Insani Stabat

Petrus Loo (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ITMI Medan)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2020

Abstract

Kepuasan pasien dipengaruhi oleh faktor kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan. Rumah sakit harus bisa mempertahankan kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatanyang baik kepadapasien agar dapat bersaing dengan rumah sakit yang kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatannya lebih baik. Kualitas pelayanan merupakan senjata potensial untuk mengalahkan pesaing. Fasilitas kesehatan merupakan faktor penting dalam mempengaruhi kepuasan pasien. Pelayanan yang ramah dan fasilitas kesehatan yang baik dapat meningkatkan kepuasan pasien sehingga terjadinya peningkatan kunjungan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atau menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien BPJS pada RS. Insani Stabat. Penelitian ini dilakukan pada RS. Insani Stabat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan berpengaruh baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kepuasan pasien BPJS pada RS. Insani Stabat. Nilai R Square sebesar 80,5% menunjukkan bahwa 80,5% kemampuan variabel kualitas pelayanan (X1) dan fasilitas kesehatan (X2) berpengaruh terhadap kepuasan pasien (Y) pada RS. Insani Stabat sedangkan sisanya 19,5% merupakan pengaruh variabel bebas lain yang tidak dijelaskan atau tidak diteliti oleh peneliti dalam penelitian ini seperti variabel lokasi, harga dan sistem administrasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jdm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Doktor Manajemen JDM() adalah sebuah jurnal Ilmiah bagi para tenaga kependidikan dosen, professional, mahasiswa, dan mitra bebestari yang ingin menuangkan hasil karya ilmiahnya, berdasarkan penelitian ilmiah, dimana didalamnya mencakup keilmuan bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran, ...