Latar belakang: Toilet training pada anak merupakan suatu usaha untuk melatih anak agar mampu mengontrol buang air kecil atau buang air besar. Toilet training dapat dimulai dari umur 18 bulan- 2 tahun. Keberhasilan toilet training tidak hanya dari kemampuan fisik, psikologis dan emosi anak itu sendiri tetapi juga dari bagaimana perilaku orang tua atau ibu untuk mengajarkan toilet training secara baik dan benar, sehingga anak dapat melakukan dengan baik dan benar hingga besar kelak. Tujuan:Diketahuinya pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang toilet training di PAUD Terate 2 Desa Tugu Mulyo. Metode:Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitain Pre Eksperimental dengan rancangan One Group Pretes-Postes. Sampel penelitian menggunakan tehnik total sampling yaitu seluruh ibu di PAUD Terate 2 Desa Tugu Mulyo sebanyak 62 responden. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 April 2017. Kuesioner pada penelitian ini menggunakan kuesioner dari penelitian Hidayat (2010). Hasil:Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai median penegtahuan ibu saat pretest 7,00 dan posttest 10,00 hal ini menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan antara pengetahuan sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan. Analisa Wilcoxon test menunjukkan signifikasi p-value = 0,001 (p value < 0.05). Kesimpulan:Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang toilet training pada anak prasekoah di PAUD Terate 2 Desa Tugu Mulyo
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018