Abstrak: Covid-19 melanda Indonesia lebih dari satu tahun. Banyak sektor di Indonesia yang terdampak akibat hal tersebut, termasuk sektor pendidikan. Langkah yang telah dilakukan oleh Mentri Pendidikan Indonesia ialah mengganti metode pembelajaran menjadi pembelajaran melalui jarak jauh. Pada pendidikan anak usia dini belajar dari rumah secara online sendiri menjadi suatu kesulitan untuk pendidik dalam pemilihan sumber belajar. Tujuan utama dilakukan seminar online ini untuk membantu pendidik PAUD/TK berinovasi dalam pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Hal tersebut yang mendasari diadakannya seminar online Inovasi pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dalam pembelajaran anak usia dini untuk pendidik paud di Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. Pelaksanaan dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom yang di ikuti oleh 40 Guru. Hasil dari kegiatan ini pendidik memiliki strategi untuk melakukan inovasi kegiatan pembelajaraan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Guru dapat memaksimalkan kegiatan belajar dirumah dengan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan guna tercapainya capaian perkembangan walaupun dilakukan secara Daring. Abstract:  Covid-19 has hit Indonesia for more than a year. Many sectors in Indonesia are affected by this, including the education sector. The steps that have been taken by the Indonesian Ministry of Education are changing the learning method to distance learning. In early childhood education learning from home online itself becomes a difficulty for educators in choosing learning resources. The main objective of this online seminar is to help PAUD / Kindergarten educators innovate in learning by utilizing the surrounding environment as a learning resource. This is what underlies the holding of an online seminar on innovation in the use of the surrounding environment as a learning resource in early childhood learning for paud educators in Mrebet District, Purbalingga Regency, Central Java. The implementation was carried out online through the zoom application which was followed by 40 teachers. The result of this activity, educators have a strategy to innovate learning activities by utilizing the surrounding environment as a learning resource. Teachers can maximize learning activities at home with innovative and fun learning in order to achieve developmental achievements even though it is done online.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021