JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 1, No 1: Desember 2017

PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH (PENELITIAN TINDAKAN KELAS SEBAGAI INSPIRASI GURU PROFESIONAL)

Ilham Ilham (Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Mataram)
Moh. Fauzi Bafadal (Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Mataram)
Humaira Humaira (Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Mataram)
Arsyad Abd Gani (Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Mataram)
Rima Rahmaniah (Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

Pelatihan Penulisan Karya ilmiah ini merupakan bentuk pengabdian pada masyarakat. Kegiatan pelatihan ini fokus pada Penelitian Tindakan Kelas. Pelatihan ini bertujuan (1) memberikan pemahaman kepada guru terhadap pentingnya Penelitian Tindakan Kelas (2) para guru mampu mengaplikasikan konsep dan pemahaman Penelitian Tindakan Kelas pada pelaksanaan dan evaluasi proses pembelajaran. Lokasi kegiatan ini di Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah. Peserta pelatihan adalah para guru di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama se-Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah. Peserta yang hadir pada pelatihan ini sebanyak 35 peserta. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah bervariasi dalam bentuk seminar sehari. Peserta terlihat aktif dan semangat mengikuti pelatihan. Hal ini ditandai dengan pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Berdasarkan temuan hasil diskusi bahwa pelatihan penelitian tindakan kelas memberikan inspirasi tersendiri bagi guru. Kegiatan semacam ini yang jarang dilaksanakan didaerah. Peserta akan mengaplikasikan penelitian tindakan kelas dengan harapan ada proses pendampingan yang berkelanjutan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...