Abstrak: Usaha Mikro Kipang Pulut Bonjol membutuhkan dukungan dan bimbingan konseling untuk memajukan kembali usaha yang sempat down selama pandemi Covid 19. Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kembali rasa percaya diri pengusaha Kipang Pulut Bonjol setelah pandemic Covid 19. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dengan menggunakan metode SWOT. Beberapa masalah produksi dan managemen juga menjadi kendala untuk diselesaikan yang mana di antaranya kemampuan memasarkan produk di era digital, kurangnya variasi rasa dari kipang pulut Bonjol. Untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut dilakukan pendampingan dan pelatihan secara bertahap yang meliputi aspek Bimbingan Konseling, pemasaran di bidang digital, pengembangan produk rasa yang bervariasi. Dari kegiatan pendampingan dan pelatihan ini telah meningkatnya rasa percaya diri pemilik usaha, pemasaran yang semakin meningkat, dan inovasi produk berupa kipang pulut Bonjol yang beraneka rasa. Salah satu rasa varian yang baru adalah Kicok (kipang pulut dengan toping coklat). Diharapkan dengan adanya perbaikan dan inovasi ini berdampak pada peningkatan produksi yang berujung pada peningkatan kesejahteraan usaha kipang pulut Bonjol. Abstract: Kipang Pulut Bonjol Micro Business requires counseling support and guidance to bring back a business that was down during the COVID-19 pandemic. The purpose of this service program is to increase the confidence of the Kipang Pulut Bonjol after the Covid 19 pandemic. The method used in this service program is the SWOT method. Several production and management problems have also become obstacles to resolve, including the ability of market digital products, the lack of variation in the taste of Kipang Pulut ita,. To overcome these problems, assistance and training are carried out in stages covering aspects of Counseling Guidance, digital marketing, development of various flavor products. From this mentoring and training activities, the business owner's self-confidence has increased, increased marketing, and product innovation in the form of various flavors of kipang pulut Bonjol. One of the new flavors of the variant is Kicok (kipang pulut with chocolate topping). It is hoped that these improvements and innovations will have an impact on increasing production which will lead to an increase in the welfare of the Kipang Pulut Ita Bonjol business.
Copyrights © 2021