Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi)
Vol 5, No 2 (2020): DESEMBER

PERAN KEWIRAUSAHAAN DAN E-COMMERCE TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Sara, Kartika Dwi (Unknown)
Fitryani, Fitryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran wirausaha melalui etika bisnis dan ecommerce terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam perspektif Islam (studi Kota Surabaya). Perilaku tersebut yang akan menjadi dasar pertanyaan wawancara untuk menjelaskan bagaimana peran wirausaha melalui etika bisnis dan e-commerce pada perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah di Kota Surabaya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kepada kasus yang terjadi. Pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur dan observasi langsung kepada obyek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif explanatoris dengan menjelaskan hasil-hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat mayoritas yang mengetahui peranan etika bisnis Islam untuk diterapkan dalam berwirausaha tetapi secara keseluruhan memilliki karakteristik wirausaha dan secara signifikan e-commerce yang digunakan telah sesuai dengan syariat Islam di dunia perdagangan. Peranan wirausaha dan e- commerce sangat berpengaruh terhadap perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah. Kata kunci : Wirausaha, E-Commerce, Etika Bisnis , UMKM

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

conomy Accounting Human Resource Management Operations Management Marketing Management Financial ...