Pasar tradisional yang sekarang di ganti menjadi Pasar Rakyat merupakan salah satu bentuk ekonomi kerakyatan dan juga merupakan salah satu pilar ekonomi nasional di Indonesia.Agar pasar rakyat bisa tetap bertahan dan berkembang dalam dunia bisnis yang penuh persaingan dalam memperebutkan konsumen, maka harus mampu memahami konsumennya secara menyeluruh, karena konsumen merupakan pasar sasaran suatu produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra pasar baik secara aspek kondisi arsitektual dan aspek kondisi non-arsitektual secara langsung dan tidak langsung terhadap loyalitas konsumen serta adakah pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas konsumen pada pasar rakyat di Pasar Gondangwetan Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan.Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survei, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner.Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli Pasar Gondangwetan.Dengan sampel sebanyak 161 responden yang diperoleh dari teknik purposive sampling.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan path analysis dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan antara aspek kondisi arsitektual, aspek kondisi non-arsitektual dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel interverning berpengaruh secara positif langsung terhadap loyalitas konsumen.Serta kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Kata Kunci: pasar tradisional, citra pasar, kepuasan pelanggan, loyalitas konsumen
Copyrights © 2017