ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol. 1 No. 2 (2021)

PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 005 SIMPANG RAYA KECAMATAN SINGINGI HILIR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TRI MULYATI (SD Negeri 005 Simpang Raya, Singingi Hilir)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Metode Demontrasi dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Metode domonstrasi merupakan metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung objeknya atau caranya melakukan sesuatu untuk mempertunjukkan proses tertentu. Demonstrasi dapat digunakan pada semua mata pelajaran. Dalam pelaksanaan demonstrasi guru harus sudah yakin bahwa seluruh siswa dapat memperhatikan dan mengamati terhadap objek yang akan didemonstrasikan. Sebelumnya proses demonstrasi guru sudah mempersiapkan alat–alat yang digunakan dalam demonstrasi tersebut. Hasil Penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I mendapat skor 22, dan pada siklus II meningkat menjadi 27 ini menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat. Untuk aktivitas siswa pada siklus I adalah 78 dengan kategori tinggi dan pada siklus II meningkat menjadi 102 dengan kategori sangat tinggi. Dan mengenai hasil bealajar siswa pada siklus I rata-rata kelasnya adalah 75,65 dengan kategori tinggi pada siklus II meningkat menjadi 87,39 dengan kategori sangat tinggi. Dengan ini menandakan bahwa dengan Penerapan Metode Demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 005 Simpang Raya Kecamatan Singingi Hilir Tahun Pelajaran 2018 / 2019.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...