Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Pelita Pendidikan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN TANPA MEDIA AUDIOVISUAL PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2014/2015

Rifka Hilda Sinaga (Unknown)
Lazuardi Lazuardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media audiovisual dan tanpa media audiovisual pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Pengambilan Sampel yang digunakan adalah dengan cara purposif sampling. Kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa yang berbentuk test objektif berjumlah 50 soal. Tes yang digunakan adalah uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media audiovisual lebih tinggi, dengan nilai postest  ( 80,22) dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media audiovisual dengan nilai postest ( 76,34). Berdasarkan hasil uji statistik t diperoleh  thit =  2,313, dan dengan α = 0,05 sehingga diperoleh ttab = 1,997 ternyata  thit>ttab (2,313>1,997) maka dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audiovisual dan tanpa menggunakan media audiovisual pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia Kelas XI  SMAN 11 Medan TP. 2014/2015.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...