Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Pelita Pendidikan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KISARAN

Anggraeni Efendi (Unknown)
Uswatun Hasanah (Unknown)
Monalisa Sefrida (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar denganmenggunakan media audio-visual dan media power-point pada materi pokok sistem reproduksi manusia di SMANegeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMANegeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 216 orang. Sampel penelitian diambil secara acakyang berjumlah 72 orang. Dimana kelas XI IPA 5 diberi pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual, dankelas XI IPA 7 diberi pembelajaran dengan menggunakan media power-point. Hasil penelitian menunjukan bahwahasil belajar biologi siswa dengan menggunakan Media audio-visual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajarbiologi dengan menggunakan media power-point pada mater pokok sistem reproduksi manusia. Dimana nilai rataratahasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan media audio-visual lebih tinggi, dengan nilai rataratapostes 82.11 atau sekitar 82%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar denganmenggunakan media power-point dengan nilai rata-rata postes 76.78 atau sekitar 77%. Adanya perbedaan hasilbelajar ini juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dangan taraf kepercayaan α= 0.05,dimana thit>ttab (2.888 > 1.668), Dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajarbiologi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audio-visual dan diajarkan menggunakan media powerpointpada materi pokok Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran2016/2017.Kata kunci : Hasil belajar, Sistem Reproduksi, XI IPA

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...