Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran firing lineterhadap hasil belajar biologi siswa. Sampel penelitian diambil di sekolah SMA Negeri 1 Pancur Batu secaracluster random sampling, yaitu kelas XI IPA3 (30 orang) yang diajar menggunakan model pembelajaran firingline dan XI IPA2 (35 orang) yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Dalam pelaksanaanmodel pembelajaran firing line dilakukan kegiatan pemberian jawaban terhadap soal-soal yang tersedia berupakartu soal dengan formasi yang menampilkan pasangan secara bergilir. Dari analisis data, diperoleh bahwarata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran firing line ( =71.70) lebih tinggi dari hasilbelajar siswa yang diajar dengan model konvensional ( =62,70). Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengantaraf signifikansi (α=0.05) diperoleh thitung>ttabel (3,57>1,99) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapatdisimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran firing line berupa peningkatan hasilbelajar biologi siswa pada sub materi jaringan pada tumbuhan di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P.2016/2017.Kata kunci : Hasil Belajar, Jaringan pada Tumbuhan, model pembelajaran firing line
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017