Jurnal Pendidikan PKn
Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020

DAMPAK PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) TERHADAP PARTISIPASI PENDIDIKAN

Sulaiman Sulaiman (Politeknik Negeri Pontianak, Pontianak, Indonesia)
Era Prestoroika (Politeknik Negeri Pontianak, Pontianak, Indonesia)
Mujib Mujib (Politeknik Negeri Pontianak, Pontianak, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini mengambil judul; Dampak pelaksanaan program BOS terhadap partisipasi pendidikan di SMP Negeri 15 Kota Malang Berdasarkan Peraturan Walikota Malang Nomor 46 Tahun 2010 Tentang Penetapan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) dan Sumbangan Biaya Pengembangan Pendidikan (SBPP) pada SD, SMP, SMA dan SMK Negeri. Tujuan penelitian ini adalah; 1). Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang dampak pelaksanaan program BOS terhadap partisipasi pendidikan di SMP Negeri 15 Kota Malang. 2). Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang faktor yang mendorong serta menghambat dampak pelaksanaan program BOS terhadap partisipasi pendidikan di SMP Negeri 15 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, indikator yang diteliti adalah masukan (input) program BOS, proses pendistribusian (process) BOS, hasil (outcome) program BOS, Angka Partisipasi Sekolah (APS) dan Angka Siswa Mengulang (AU). Data primer dikumpulkan dengan kuesioner, jumlah sampel penelitian sebanyak 35 orang. Analisis data dilakukan dengan analisis Tabulasi yaitu; memberi skoring terhadap item-item yang perlu diberi skor, setelah data terkumpul dilakukan pengolahan data, menghitung jumlah skor jawaban dan memprosentasekan setiap pertanyaan, menghitung rata-rata per-item, menghitung prosentase total dari semua jawaban kuesioner, narasi kesimpulan dengan kriteria kesimpulan, dan melakukan analisa serta interpretasi data sesuai perhitungan dari data kualitatif sehingga didapatkan gambaran hasil penelitian. Penelitian ini mendapatkan hasil; bahwa pelaksanaan program BOS di SMP Negeri 15 Kota Malang adalah baik (sesuai dengan harapan) yang berdampak pada Angka Partisipasi Sekolah (APS) dan Angka Siswa Mengulang (AU) hal ini ditunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang masuk dan adanya penurunan jumlah siswa yang mengulang yang disebabkan kurangnya biaya untuk sekolah.Kata kunci: Evaluasi Kebijakan, Program BOS, Partisipasi Pendidikan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPKn

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Universitas Tanjungpura Journal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (JPPKn) with ISSN printed 2622-4697 and ISSN online 2723-0996 is a Peer-Review Journal published by Pancasila and ...