Musamus Journal of Primary Education
Vol 3 No 1 (2020): Musamus Journal of Primary Education

Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika melalui Metode Pemberian Feedback (Balikan) pada Siswa Kelas II SD

Yunarni Yunarni (Unknown)
Nova Estu Harsiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2020

Abstract

Berdasarkan hasil observasi diperoleh data hasil belajar Matematika siswa kelas II SDN 3 Pandak hanya mencapai rata-rata 55,50. Siswa yang dinyatakan tuntas belajar 40% dengan standar ketuntasan minimal 75%. Penerapan metode feedback diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II SDN 3 Pandak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 3 Pandak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan observasi kegiatan pembelajaran. Dari hasil analisis diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I, ke siklus II. Nilai rata-rata pra siklus adalah 55,5. Nilai rata-rata siklus I 65 dan siklus II meningkat menjadi 82. Ketuntasan belajar siswa juga meningkat. Pada pra siklus ketuntasan belajar sebesar 40%, siklus I meningkat menjadi 60%, dan siklus II meningkat menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pemberian feedback dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SDN 3 Pandak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education Other

Description

The aims of MusJPE is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original researce articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deals with a contemporary issue in primary education. ...