Musamus Journal of Primary Education
Vol 3 No 1 (2020): Musamus Journal of Primary Education

Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Dongeng melalui Media Strip Story pada Siswa Kelas III SD

Periscila Lapenangga (Unknown)
Yusni Rosnawati Blegur (Unknown)
Fitri Aryani (Unknown)
Albertina Kago (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2020

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar dan kemampuan menulis cerita dongeng dengan media strip story pada siswa kelas III SD Gemit Tabolabui Semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas III sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I untuk hasil evaluasi yang telah dianalisis diperoleh data bahwa ketuntasan belajar secara klasikal yang dicapai sebesar 45% dengan nilai rata-rata sebesar 71,00 dan hasil evaluasi siklus II diperoleh data bahwa ketuntasan belajar secara klasikal yang dicapai sebesar 85% dengan nilai rata-rata sebesar 78,75. Untuk hasil observasi pada siklus I, untuk aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 62.50% dan aktivitas siswa pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 82,14%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education Other

Description

The aims of MusJPE is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original researce articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deals with a contemporary issue in primary education. ...