Penelitian ini bertujuan melihat penggunaan congklak untuk meningkatkan hasil belajar operasi pembagian bilangan dua angka pada siswa tunarungu kelas V SDLB Negeri Banda Aceh. Tujuan penelitian ini juga berguna untuk mengetahui bagaimana operasi pembagian dua angka dengan penggunaan media congklak yang dapat meningkatkan hasil belajar Matematika dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran di samping juga bermanfaat bagi pengembangan guru dan siswa. Setelah melakukan penelitian ini, maka guru memperoleh pengalaman dalam melakukan penelitian dan meningkatkan hasil belajar operasi pembagian, sedangkan siswa memperoleh pembelajaran yang lebih menarik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, di mana aktivitas setiap siklusnya meliputi perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil tes dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas V SDLB Negeri Banda Aceh yang berjumlah 4 orang siswa dengan berbagai tingkat kemampuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media congklak dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam operasi pembagian dua angka. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam belajar sebelum dilakukan tindakan hanya 50 %. Siswa yang tuntas dengan kriteria kurang, pada siklus I meningkat menjadi 62,5 % yang tuntas dengan kriteria cukup. Pada siklus II menjadi 80 %. Yang tuntas dengan katagori baik. Disimpulkan, bahwa penggunaan media congklak dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam operasi pembagian dua angka. Direkomendasikan kepada guru bahwa untuk meningkatkan hasil belajar operasi bilangan dua angka pada siswa tunarungu kelas II dapat menerapkan media congklak.
Copyrights © 2019