JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 8, No 1 (2020): June 2020

Analisis Kemampuan Penalaran Analogis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Mohammad Ridhoi (Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang)
I Made Sulandra (Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang)
Sukoryanto Sukoryanto (Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang)
Toto Nusantara (Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2021

Abstract

Penalaran analogi secara khusus mempunyai peran penting dalam pelajaran matematika. Penalaran analogi dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah matematika, jika siswa dapat menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya untuk menyelesaikan masalah yang baru. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIA SMP Brawijaya Smart School. Subjek penelitian terdiri dari 25 orang siswa. Berdasarkan hasil tes, siswa di kelompokan dalam 3 kelompok yaitu kelompok kemampuan penalaran analogi rendah (A1), kelompok kemampuan penalaran analogi sedang (A2), dan kelompok kemampuan penalaran analogi tinggi (A3). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penalaran analogi siswa secara umum masih rendah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...