Dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing/English as a foreign language (EFL) di Indonesia, penggunaan bahan ajar yang otentik memiliki peran penting guna menumbuhkan minat belajar siswa. Menilik pesatnya pertumbuhan K-Pop, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak generasi muda (termasuk pelajar) yang memiliki ketertarikan khusus terhadapnya. Allkpop merupakan salah satu situs web terbesar yang menyajikan berbagai informasi terkait dunia hiburan di Korea Selatan dalam bentuk artikel bahasa Inggris sehingga situs ini dapat menjadi salah satu alternatif sumber belajar otentik siswa. Terkait dengan hal ini, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberi informasi akan level keterbacaan teks-teks yang ada di Allkpop sehingga dapat memberikan acuan pada kelas berapa saja teks-teks dalam allkpop tersebut dapat digunakan sebagai sumber belajar otentik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data dianalisis dengan menggunakan bantuan 7 alat penguji keterbacaan teks. Sebanyak 90 artikel diambil sebagai sampel untuk kemudian dianalis tingkat keterbacaanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan teks di situs Allkpop berada di rentang medium sehingga cocok digunakan oleh siswa di kelas 7, 8, dan 9.Kata kunci: keterbacaan teks, artikel Allkpop, materi pembelajaran otentik, pembelajaran bahasa Inggris, K-Pop
Copyrights © 2020