Jurnal Ilmiah WUNY
Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah WUNY

KENDALA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI BAGI SISWA SD, GURU, DAN ORANGTUA

Endah Retno Hutami (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kendala pelaksanaaan pembelajaran jarak jauh bagi siswa SD pada masa pandemi COVID-19 dan sisi-sisi positifnya sebagai penyeimbang analisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dijaring dengan teknik eksploratif, dengan mewawancarai perwakilan dari guru-guru dan wali murid. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dialami oleh murid, guru, dan orang tua, yaitu keterbatasan media, penguasaan teknologi yang masih kurang, penambahan biaya kuota internet, tambahan pekerjan orang tua dalam pendampingan belajar anak, komunikasi dan sosialisasi antara siswa, guru, dan orang tua menjadi berkurang, dan durasi kerja guru menjadi tidak terbatas. Walaupun demikian, fenomena ini memiliki sisi-sisi positif, yakni siswa menjadi semakin mandiri, serta kekompakkan diantara siswa, orangtua, dan guru semakin terbentuk.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

wuny

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health

Description

Jurnal Ilmiah WUNY mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan atau hasil pemikiran di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan ...