Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas PelayananPublik terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Desa Kahuku, Kecamatan Likupang TimurKabupaten Minahasa Utara. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada masyarakat, bahwa dalam prosespengurusan pelayanan administrasi dibutuhkan waktu yang cukup lama karena keterbatasan saranadan prasarana dalam proses pelayanan. Teknik Analisis data menggunakan teknik analisis dataRegresi Linear Sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari variabel yang diteliti danmelalui perhitungan yang menggunakan bantuan program komputer SPSS versi 26, maka nilaisignifikasi adalah sebesar 0.000 <0.05, dari pernyataan tersebut disimpulkan bahwa terdapatpengaruh dari variabel kualitas pelayanan publik (X) terhadap variabel kepuasan masyarakat (Y) danBerdasarkan nilai sebesar 11.478> 2.25807 maka dapat disimpulkan bahwa variabelkualitas pelayanan publik (X) berpengaruh terhadap variabel kepuasan masyarakat (Y).Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat.
Copyrights © 2021