JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 8, No 4 (2020): JE VOL 8 NO 4 (2020)

PENGARUH KELOMPOK ACUAN, PERSEPSI HARGA DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA CV. ANUGERAH MULIA TOMOHON

Trisno, Santika D. L. (Unknown)
Sepang, Jantje L. (Unknown)
Soegoto, Agus S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2020

Abstract

Abstrak: Persaingan industri otomotif khususnya sepeda motor di Indonesia pada saat ini berjalan sangat kompetitif. Untuk dapat menjaga keberlanutan bisnis dan meningkatkan keuntungan, perusahaan diperhadapkan dengan berbagai tantangan untuk bagaimana memenangkan hati pelanggan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kelompok acuan, persepsi harga dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2321 orang, dengan menggunakan teknik non probability sampling dan formula Slovin, sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan dan secara parsial, kelompok acuan, persepsi harga dan keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi, diketahui bahwa kelompok acuan, persepsi harga dan keragaman produk memiliki pengaruh sebesar 76,9% terhadap keputusan pembelian dan masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. CV. Anigerah Mulia sebaiknyamelakukan kajian lebih mendalam secara komperehensif terkait kelompok acuan, persepsi harga dan keragaman produk untuk menyesuaikan program-program pemasaran yang terintegrasi satu sama lain dan membuat sebuah cetak biru (blue print) sebagai media acuan pengambilan keputusan terkait kelompok acuan, persepsi harga dan keragaman produk dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian. Kata Kunci: kelompok acuan, persepsi harga dan keragaman produk, keputusan pembelian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...