Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menginventarisasikan  proses  penamaan  tekstual  ornamen  rumah gadang minangkabau.  Penelitian  ini  menggunakan  model  analisis interaktif  Miles,  Hurberman  dan  Saldana.  Data diperoleh   dari   hasil   wawancara   mendalam,   observasi   berperan   dan   dokumentasi.Data   yang   telah dikondensasikan   dianalisis   menggunakan   konsep   Sudrayat   dan   dilihat   dari   makna   kulturalnya   dengan menggunakan  konsep  Abdullah.  Adapun  nama-nama  ornamen  tersebut  sebagai  berikut: Siriah  Gadang ‘sirih besar’, Lumuik Hanyuik ‘lumut hanyut’, Aka Cino Saganggang ‘akar cina seganggang’ , Pucuak Rabuang ‘ pucuk rebung’, Jalo Taserak ‘jala tersebar’, Saluak Laka ‘ jalinan lidi atau rotan’, Lapiah Batang Jarami ‘ lapis batang jerami’,  Labah  Mangirok ‘lebah mengirap’,  Itiak  Pulang  Patang ‘itik pulang petang’,  Tupai  Managun ‘tupai tertegun’,  Tatandu  Manyasok  Bungo ‘ulat menghisap bunga’,  Kaluak  Paku ‘tumbuhan pakis’,  Pisang  Sasikek ‘pisang seikat’, Buah Palo Bapatah ‘buah pala patah’ , Aka Barayun ‘akar berayun’, Saik Galamai ‘potongan wajik’, Carano  Kanso ‘ tempat untuk meletakkan sirih, pinang dan gambir’, Tangguak Lamah ‘tangguk lemah’,  Si Kambang Manih ‘si bunga manis’, SajambaMakan ‘makan berjamba’. Makna kultural dari kedua puluh nama-nama ornamen rumah gadangMinangkabau semuanya mengenai  makna tentang hubungan manusia dengan manusia atau kehidupan bermasyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020