Kurangnya minat belajar siswa yang disebabkan karena orang tua yang terlalu memanjakan anak dalam penggunaan teknologi digital sehingga anak kecanduan bermain gadget tanpa mengenal waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pola asuh orang tua di era digital dalam membentuk karakter kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian di khususkan pada orang tua siswa yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, data display, conclusion drawing. Teknik pemeriksaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian yaitu Pola asuh orang tua berpengaruh terhadap pembentukan karakter kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD. Mayoritas orang tua menggunakan jenis pola asuh demokratis yang mendorong anak untuk membicarakan apa yang diinginkan, ada kerja sama didalam pola asuh ini antara orang tua dan anak, adanya bimbingan dan pengarahan serta adanya kontrol dari orang tua. Dapat disimpulkan bahwa jenis pola asuh demokratis lebih efektif dalam membentuk karakter kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020