Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
Vol 12, No 2 (2020)

Pengembangan E-Work Team Berbantuan Telegram Berbasis Blended Learning Mata Kuliah Kewirausahaan

Pramesti, Diana (Unknown)
Kusuma, Adevia Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-work team berbantuan telegram berbasis blended learning sebagai bahan ajar mata kuliah kewirausahaan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembagnan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu: 1) analysis; 2) design; 3) development; 4) implementation; dan 5) evaluation. Subjek uji coba penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kelayakan produk yang dinilai oleh ahli materi dan media, serta angket penilaian respon pengguna ditinjau dari aspek materi dan media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-work team berbantuan telegram berbasis blended learning layak digunakan sebagai bahan ajar dan media pembelaran untuk mata kuliah kewirausahaan. Hasil uji coba produk ditinjau dari aspek materi sebesar 88,4% dalam kategori sangat baik dan aspek media sebesar 88,3% dalam kategori sangat baik. Ditinjau dari hasil tersebut terbukti bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan untuk mendukung pembelajaran kewirausahaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha published by Undiksha Press managed by Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia. A blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (June and December). ...