Jurnal IKA
Vol 19, No 1 (2021): Maret

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar PMKR Siswa SMK

Widayana, I.W. (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan meningkatan hasil belajar PMKR (Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan)   setelah diimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games Tournament (TGT pada siswa kelas XII TKRO 3  SMK Negeri 3 Singaraja Subjek penelitian ini siswa kelas XII TKRO3 SMKN 3 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020. Hasil belajar  PMKR  dikumpulkan dengan metode tes tulis untuk capaian kompetensi pengetahuan, capaian kompetensi keterampilan dikumpulkan dengan test praktik, dan keaktifan siswa dikumpulkan dengan lembar observasi dan analisisnya menggunakan criterion refrenced test (PAP). Hasil penelitian menunjukkan1)Pada capaian kompetensi pengetahuan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kategori cukup  menjadi baik. 2) Pada capaian kompetensi keterampilan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kategori baik  menjadi sangat baik. 3) Pada capaian kompetensi sikap terjadi peningkatan dari kategori cukup aktif menjadi sangat aktif. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada capaian kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa.Kata Kunci: TGT (Teams-Games Tournament); hasil belajar; PMKR.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IKA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...