Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasi dari media e-learning serta untuk mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Schoology dan Experiential learning Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X di SMK Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Multimedia dan satu orang guru mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2019/2020. Data penelitian ini dikumpukan dengan menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil media e-learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kulitas media pembelajaran berdasarkan kevalidan (validity) dengan hasil rata-rata penilaian sebesar 1.00 dan termasuk pada kriteria “Sangat Validâ€, keefektifan (effectiveness) diperoleh dari hasil pengujian efektivitas dengan perhitungan N-Gain, memperoleh penilaian rata-rata sebesar 0,87 dan termasuk pada kriteria “Efektifâ€, dan kepraktisan (practically) diperoleh dari hasil respon guru dan peserta didik dengan nilai sebesar 43 termasuk pada kriteria “Sangat Praktisâ€, dan untuk respon guru diperoleh rata-rata sebesar 64,18 dan termasuk pada kriteria “Sangat Praktisâ€.Kata kunci: Media E-Learning, Experiential Learning, Dasar Desain Grafis, ADDIE
Copyrights © 2020