UG Journal
Vol 14, No 5 (2020)

ANALISIS JARINGAN SOSIAL KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PEMANFAATAN TWITTER TOKOPEDIA

Farida, Nuke (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah komunikasi dan luasnya jejaring sosial pemasaran Tokopedia di twitter dengan tagar #MulaiAjaDulu. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis jejaring sosial dengan pendekatan terori Computer Mediated Communication (CMC) serta memanfaatkan perangkat lunak Gephi untuk menganalisis struktur dan karakteristik komunikasi dan Netlytics untuk mengumpulkan data mentah dari jaringan Tokopedia di Internet. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa secara umum, ukuran jaringan Tokopedia adalah 194 simpul, sedangkan anggota ukuran jaringan yang berada dalam satu cluster dengan Tokopedia sekitar 34 simpul dan 27 simpul diantaranya memiliki hubungan langsung serta 7 simpul memiliki hubungan tidak langsung. Tingkat kepadatan jejaring adalah rendah dan tingkat timbal balik memiliki komunikasi satu arah antara Tokopedia dan anggota jaringannya. Pada tingkat diameter, dibutuhkan 2 langkah untuk mencapai Tokopedia dan jarak rata-rata antara node untuk berinteraksi satu sama lain adalah 1,15. Tokopedia memiliki jaringan terdesentralisasi (penyebaran) yang berarti ada beberapa aktor penting di setiap cluster yang tidak saling terkoneksi dengan cluster lain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ugjournal

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions

Description

UG Jurnal merupakan kumpulan jurnal penelitian dari semua fakultas yang ditulis oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Gunadarma. UG Jurnal terbit tiap sebulan sekali dan tiap bulannya memuat jurnal dari berbagai ...