BASASTRA
Vol 9, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SMA

Liondes Launjara (Unknown)
Dian Nuzulia Armariena (Unknown)
Masnunah Masnunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh model pembelajaran learning cycle berbasis media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa SMA kelas X. Penelitian dilakukan dengan pedekatan eksperimen. Yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t dengan bantuan SPSS versi 21. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) rata-rata hasil tes siswa kelompok eksperimen yang dapat perlakuan model pembelajaran learning cycle berbasis media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi lebih besar dibandingkan dengan rata-rata hasil tes siswa kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan (2) terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle berbasis media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X yang ditunjukkan dengan koefisien thitung sebesar 2,34 atau lebih besar dari koefisien ttabel sebesar 1,669. Dengan demikian, tes hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran learning cycle berbasis media audio visual lebih baik hasilnya daripada tes hasil belajar menggunakan model pembelajaran biasa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Basastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is published twice a year in April and October (ISSN 2302-6405) contains scientific articles on language, literature, and its relation to teaching, about linguistics and applied linguistics studies, about the literary studies, and about the literary ...