BASASTRA
Vol 9, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

PENGARUH MODEL VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) BERBASIS FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMERANKAN CERITA FABEL SISWA SMP

Anise Nudianti (Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia)
Sumiyadi Sumiyadi (Unknown)
Rudi Adi Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini berpijak adanya permasalahan dalam pembelajaran fabel khususnya seni peran. Penelitian ini mengujicobakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) yang melibatkan tiga unsur gaya dalam pembelajarannya, yaitu penglihatan, pendengaran, dan gerakan. Penerapan model VAK ini dibantu dengan menggunakan media film animasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya perbedaan kemampuan bermain peran cerita fabel antara kelas eksperimen yang menggunakan model VAK melalui film animasi dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Sampel penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas VII D sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 12 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group. Rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 48, sedangkan kelas kontrol 47. Rata-rata posttestkelas eksperimen adalah 85, sedangkan kelas kontrol 55. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan signifikan kemampuan memerankan tokoh fabel antara sebelum dan sesudah diterapkannya model VAK melalui film animasi. Dengan demikian, model VAK melalui film animasi efektif diterapkan dalam pembelajaran memerankan fabel.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Basastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is published twice a year in April and October (ISSN 2302-6405) contains scientific articles on language, literature, and its relation to teaching, about linguistics and applied linguistics studies, about the literary studies, and about the literary ...