Jurnal Teknik ITS
Vol 9, No 2 (2020)

Perancangan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Malang - Kepanjen

Wisnu Hardian Pradito (Departemen Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Wahju Herijanto (Departemen Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2021

Abstract

Malang merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk sebanyak 3.438.010 jiwa yang tersebar di kabupaten dan kota. Dengan banyaknya populasi penduduk menyebabkan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil menjadi bertambah tak terkendali. Hal ini menyebabkan sering terjadinya kemacetan pada berbagai titik di Kota Malang maupun Kabupaten Malang. Karena berbagai permasalahan tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur mengusulkan agar jalan Tol Malang - Pandaan dapat dibangun hingga ke wilayah Kepanjen, Kabupaten Malang. Dalam tugas akhir ini dilakukan analisis perancangan jalan tol yang menghubungkan daerah Madyopuro dengan daerah Kepanjen. Analisis diawali dengan pekerjaan persiapan, kemudian tinjuan pustaka, selanjutnya pengumpulan dan pengolahan data, kemudian perencanaan berupa perancangan geometrik jalan tol yang meliputi lengkung horizontal dan lengkung vertikal beserta rambu lalu-lintas yang berdasarkan pada Peraturan Bina Marga No.007/BM/2009, perencanaan tebal perkerasan kaku yang didasarkan pada Peraturan Pd T-14-2003, perencanaan saluran tepi (drainase) yang mengacu pada Peraturan SNI 03-3424-1994 dan Peraturan Pd. T-02-2006-B, dan perencanaan anggaran biaya yang berdasarkan pada Harga Satuan Pokok Kerja (HSPK) Pemerintah Kota Malang tahun 2018. Setelah dilakukan analisis pada perancangan jalan tol ini, didapatkan panjang jalan tol ini adalah 21,04 km dengan Point of Interest (PI) sebanyak 11 buah dan Point Vertical of Interest (PVI) sebanyak 14 buah serta digunakan rambu lalu lintas sebanyak 151 buah. Kemudian digunakan perkerasan kaku setebal 265 mm dengan subbase berupa Campuran Beton Kurus (CBK) setebal 100 mm dan diberi lapisan tambahan aspal setebal 50 mm. Total biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tol ini sebesar Rp 952.053.675.000,00 dengan biaya per km sebesar Rp 45.249.699.382,13.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...