Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 7, No 1 (2011)

KETERAMPILAN GENERIK SAINS UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA

Patandean, Agustinus Jarak (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2011

Abstract

Keterampilan generik serta beberapa istilah lain yang serupa telah berkembang luas di Amerika, Australia dan Eropa. Di Indonesia, keterampilan generik yang lebih popular dengan nama soft skills ini belum menjadi perhatian besar bagi stakeholders Sekolah Menengah Umum (SMA). Makalah ini akan memaparkan urgensi serta tuntutan dunia kerja akan keterampilan generik bagi tenaga kerja yang mereka butuhkan. Makalah ini juga akan membandingkan kesesuaian elemen-elemen keterampilan generik yang berkembang di Australia dengan dua mata pelajaran kelompok adaptif di SMA. Kajian ini mengambil mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) dan Kewirausahaan sebagai pembanding dengan konsep keterampilan generik model Australia.Hasil perbandingan menunjukkan bahwa elemen keterampilan generik di pelajaran-pelajaran kelompok adaptif masih sangat kurang dibandingkan dengan jenis keterampilan yang sama yang berkembang di Australia. Pada bagian akhir akan dipaparkan beberapa pilihan dan agenda pengembangan keterampilan generik sebagai kerangka untuk membangun karakter khas siswa.Kata Kunci: keterampilan generik; kurikulum kelompok adaptif; Employability Skills Framework Australia; karakter siswa. 

Copyrights © 2011