Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan penguasaan modal auxiliary melalui penggunaan aplikasi kahoot pada siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa – siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa. Jumlah seluruh populasi adalah 120 siswa dan 60 siswa diambil sebagai sampel penelitian. Sampel dibagi menjadi dua kelompok sampel yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajarkan dengan menggunakan aplikasi kahoot sementara kelompok kontrol diajarkan dengan tidak menggunakan aplikasi kahoot. Instrumen dalam pengumpulan data adalah 25 soal pilihan berganda. hasil data penelitian dihitung dengan menggunakan t-test. Hasil analisis data menunjukkan t-observed (6.13) lebih tinggi daripada t-table (2.00) pada level signifikan 0.05 dan degree of freedom (df) 58. Oleh karena itu, hipotesis null (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menandakan bahwa aplikasi kahoot secara signifikan meningkatkan penguasaan modal auxiliary siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa.
Copyrights © 2020