Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan SRSD (Self –Regulated Strategy Development), dan (2) untuk melihat bagaimana aktivitas siswa SMP selama pembelajaran dengan SRSD (Self –Regulated Strategy Development). Penelitian ini dikategorikan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP tahun 2019/2020 di Tanjung Morawa. Secara acak dipilih dua sekolah sebagai subjek penelitian ini yaitu SMP Dwi Tunggal Tanjung Morawa dan MTs Nurul Iman Tangjung Morawa. Ada 3 tahap dalam penelitian ini, yaitu: (1) Tahap pengembangan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, (2) Tahap uji coba perangkat pembelajaran dan instrument penelitian, dan (3) Tahap pelaksanaan eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan membaca pemahaman siswa,dan lembar observasi aktivitas siswa.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan SRSD (Self –Regulated Strategy Development), dan (2) siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Copyrights © 2020