Automata
Vol. 2 No. 1 (2021)

Implementasi Algoritma Apriori pada Transaksi Penjualan untuk Meningkatkan Minat Beli pada Restoran XYZ

Ibnu Haidar (Universitas Islam Indonesia)
Syarif Hidayat (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2021

Abstract

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dan kemajuan infrastruktur di Indonesia bisa dikategorikan sangat pesat. Salah satu faktor penunjangnya adalah teknologi informasi. Teknologi informasi dapat membantu pengguna untuk mempermudah dalam mendapatkan informasi secara cepat dan akurat. Dengan kelebihannya tersebut, teknologi informasi telah memasuki dunia bisnis. Sebagai salah satu contoh dari fenomena tersebut adalah bisnis restoran. Pada restoran XYZ menu masih disajikan secara per item maka lebih baik jika dibuat kombinasi item agar pihak restoran mendapatkan kombinasi menu baru. Tujuan dari penelitian ini adalah agar pihak restoran XYZ dapat mengetahui item menu apa saja yang paling sering dibeli dan selanjutnya dibuatkan kombinasi item menu baru agar bisa meningkatkan minat beli pelanggan. Hasil dari penggunaan algoritma apriori adalah mendapatkan 2 aturan asosiasi yaitu dengan minimum support 30% dan minimum confidence 70% adapun aturannya yaitu jika membeli Beef Burger maka membeli cappuccino dengan nilai confidence 100% dan jika membeli potato wedges maka membeli chicken burger dengan nilai confidence 75%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AUTOMATA

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Automata mempublikasikan penelitian internal mahasiswa dan dosen Teknik Informatik Universitas Islam Indonesia. Topik-topiknya mencakup: Informatika Teori dan Sistem Cerdas Forensika Digital Sains Data Rekayasa Perangkat Lunak Informatika ...