Automata
Vol. 2 No. 1 (2021)

Analisis Sentimen Ulasan Produk: Kajian Pustaka

Willy Wildan Kamal (Universitas Islam Indonesia)
Chanifah Indah Ratnasari (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2021

Abstract

Abstract — Seiring pertumbuhan e-commerce, peranan media sosial telah bertransformasi menjadi social commerce. Pertumbuhan ini secara tidak langsung mengubah cara berinteraksi word of mouth marketing (WOMM) dari tradisional menjadi modern. Media sosial dapat memberikan ruang bagi konsumen untuk saling berinteraksi memberikan ulasan, sharing, dan bahkan rekomendasi. Hal ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi individu untuk membeli suatu produk. Terdapat 2 tipe produk dari ulasan konsumen yaitu search product dan experience product. Mengevaluasi ulasan produk dengan jumlah yang banyak dibutuhkan analisis sentimen untuk mengelompokkan ulasan pengguna menjadi opini positif, negatif, atau netral guna membantu baik perusahaan maupun individu untuk mengetahui kualitas produk secara detail. Tujuan paper ini adalah untuk memberikan gambaran tahapan analisis sentimen dan hal-hal terkait yang ada di dalamnya, sehingga dapat membantu pembaca atau peneliti lain dalam  meningkatkan pemahaman mengenai analisis sentimen ulasan produk. Hasil dari tinjauan literatur ini yaitu: 1) Tipe experience product lebih banyak digunakan dalam analisis sentimen produk, 2) Tahapan preprocessing dapat dilakukan dengan langkah yang berbeda-beda, 3) Penambahan fitur dapat meningkatkan nilai akurasi analisis sentimen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AUTOMATA

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Automata mempublikasikan penelitian internal mahasiswa dan dosen Teknik Informatik Universitas Islam Indonesia. Topik-topiknya mencakup: Informatika Teori dan Sistem Cerdas Forensika Digital Sains Data Rekayasa Perangkat Lunak Informatika ...