Automata
Vol. 2 No. 1 (2021)

Analisis Sentimen Politik Berdasarkan Big Data dari Media Sosial Youtube: Sebuah Tinjauan Literatur

Rizky Ainul Wildan S (Universitas Islam Indonesia)
Ridho Rahmadi (Unknown)
Rian Adam Rajagede (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2021

Abstract

Media sosial merupakan salah satu sumber Big Data yang besar dan kompleks. Youtube adalah salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Peristiwa, pendapat, dan kebijakan politik seringkali disampaikan melalui media sosial Youtube. Pada makalah ini penulis bermaksud untuk mendiskusikan tinjauan literatur mengenai analisis sentimen politik berdasarkan Big Data dari media sosial Youtube. Pengumpulan literatur-literatur dengan melakukan seleksi terhadap publikasi berdasarkan beberapa kriteria, yaitu: (1) Literatur yang membahas terkait analisis sentimen, (2) Literatur yang membahas terkait Big Data, (3) Literatur yang membahas metode klasifikasi dalam melakukan analisis sentimen. Berdasarkan tinjauan literatur didapatkan hasil, yaitu: (1) analisis sentimen dapat digunakan untuk meneliti sentimen dalam berbagai aspek kehidupan, (2) Metode naïve bayes classifier adalah metode klasifikasi yang paling sering dipakai dalam pengklasifikasian analisis sentimen, (3) Metode naïve bayes classifier umumnya memiliki akurasi yang lebih baik dari metode lain. (4) Analisis sentimen dapat dilakukan berdasarkan data dari media sosial Twitter dan Youtube

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AUTOMATA

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Automata mempublikasikan penelitian internal mahasiswa dan dosen Teknik Informatik Universitas Islam Indonesia. Topik-topiknya mencakup: Informatika Teori dan Sistem Cerdas Forensika Digital Sains Data Rekayasa Perangkat Lunak Informatika ...