Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah
Vol 4, No 1 (2021): Monumen Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

Peranan Penting Sejarah Lokal sebagai Objek Pembelajaran untuk Membangun Kesadaran Sejarah Siswa

Syahputra, Muhammad Afrillyan Dwi (Unknown)
Sariyatun, Sariyatun (Unknown)
Ardianto, Deny Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2020

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis peranan penting sejarah lokal sebagai objek pembelajaran sejarah untuk membangun kesadaran sejarah yang rumusan masalahnya meliputi : (1) Bagaimana sejarah lokal dapat menjadi objek pembelajaran sejarah? (2) Bagaimana sejarah lokal dapat membentuk kesadaran sejarah? Untuk menjawab permasalahan di atas, penulis menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan beberapa artikel dari hasil penelitian yang sesuai dengan tema kajian penelitian serta sumber-sumber tertulis lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah lokal sangat beperan penting sebagai pembentuk kesadaran sejarah terutama  di era  digital. Sejarah lokal disuatu daerah dapat diimplementasikan pada pembelajaran sejarah di sekolah maupun di perguruan tinggi. Pemanfaatan sejarah lokal ini di anggap efektif membentuk kesadaran sejarah peserta didik dan bahkan masyarakat karena sejarah lokal merupakan media atau sarana sebagai pembentuk identitas bangsa melalui kesadaran sejarah, serta sebagai acuan tepat bagi tenaga pendidik untuk memperkenalkan peserta didik tentang sejarah lokal yang ada di lingkungan sekitar mereka dengan menyajikan peninggalan-peninggalan sejarah sebagai wujud budaya. Dengan memanfaatkan peninggalan sejarah disekitar kita dapat lebih menumbuhkan kesadaran sejarah yang berujung kepada timbulnya rasa cinta tanah air serta mengokohkan identitas Indonesia sebagai bangsa yang besar dan bangsa yang tidak akan pernah melupakan sejarahnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

historia

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Focus and Scope 1. Learning History at school 2. Learning History in college 3. History education curriculum 4. Historical material (local, national, and world history) 5. History of education 6. Historical material in social ...