Edutech
Vol 20, No 1 (2021)

PENGGUNAAN APLIKASI GRAMMAR TERHADAP SISWA SEBAGAI TEKNIK BELAJAR ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Jein, Maniku (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2021

Abstract

The purpose of this study was to find out the effectiveness in using grammar application as learning technique in industry revolution 4.0. This study was a Quantitative Research where pre-test and post-test was done in research to find out the effectiveness in using grammar application as learning technique. One class was used in this research and the test was used as an instrument in the research. The result of pre-test is compared with the result of post-test after using grammar application. The results of this study were improving the percentage of students in learning English from 78% in pre-test to 87% in post-test. All of these improvements are certainly due to the presence of improvements during the learning process carried out by using the grammar application as learning technique. Based on the research has been done in SMAN 2 Bitung can be concluded that the use of grammar application as learning technique in industry revolution 4.0 appropriately to improve students’ score and skill in learning English.Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji keefektifan penerapan penggunaan aplikasi grammar sebagai teknik belajar terhadap siswa di era revolusi dunia pendidikan industri 4.0. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif dimana pre-test dan post-test dilaksanakan didalam penelitian ini untuk mengkaji keefektifan dari penerapan penggunaan aplikasi grammar sebagai teknik belajar. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel yaitu satu kelas dan menggunakan tes sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Hasil pre-test menjadi pembanding dengan hasil post-test yang dilakukan setelah siswa menggunakan aplikasi grammar. Capaian dari penelitian ini diantaranya adanya peningkatan persentase belajar siswa dalam pembelajaran kelas Bahasa Inggris, dari nilai rata-rata siswa 78% pada pre-test, menjadi 87% pada post-test. Peningkatan ini terjadi karena adanya perlakuan yang diterapkan yaitu penggunaan aplikasi grammar dalam pembelajaran kelas Bahasa Inggris. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMAN 2 Bitung dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi grammar sebagai teknik belajar dalam era revolusi industri 4.0 efektif sebagai teknik belajar terhadap siswa karena mampu meningkatkan nilai dan kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji keefektifan penerapan penggunaan aplikasi grammar sebagai teknik belajar terhadap siswa di era revolusi dunia pendidikan industri 4.0. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif dimana pre-test dan post-test dilaksanakan didalam penelitian ini untuk mengkaji keefektifan dari penerapan penggunaan aplikasi grammar sebagai teknik belajar. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel yaitu satu kelas dan menggunakan tes sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Hasil pre-test menjadi pembanding dengan hasil post-test yang dilakukan setelah siswa menggunakan aplikasi grammar. Capaian dari penelitian ini diantaranya adanya peningkatan persentase belajar siswa dalam pembelajaran kelas Bahasa Inggris, dari nilai rata-rata siswa 78% pada pre-test, menjadi 87% pada post-test. Peningkatan ini terjadi karena adanya perlakuan yang diterapkan yaitu penggunaan aplikasi grammar dalam pembelajaran kelas Bahasa Inggris. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMAN 2 Bitung dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi grammar sebagai teknik belajar dalam era revolusi industri 4.0 efektif sebagai teknik belajar terhadap siswa karena mampu meningkatkan nilai dan kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech adalah jurnal majalah ilmiah di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia yang terbit sebanyak tiga kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. Semua artikel yang dikirim melalui proses peer review double blind dan ulasan editor sebelum di ...