Journal of Politic and Government Studies
Vol 10, No 2: Periode Wisuda April 2021

STRATEGI MARKETING POLITIK CALON ANGGOTA LEGISLATIF PEREMPUAN PARTAI GOLKAR PADA PEMILU LEGISLATIF KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2019

Cristania Aprilinda Nainggolan (S1 Ilmu Pemerintahan)
Turtiantoro - - (S1 Ilmu Pemerintahan)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran politik anggota legislatif DPRD Perempuan Kabupaten Pringsewu dari Partai Golkar. Partai Golkar merupakan partai dengan anggota perempuan terbanyak yang berhasil memenangkan pemilu legislatif DPRD Kabupaten Pringsewu pada tahun 2019. Keterpilihan empat anggota legislatif perempuan Partai Golkar merupakan wujud dari keberhasilan pemasaran politik yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis bagaimana strategi marketing politik dari anggota legislatif perempuan Partai Golkar. Penelitian ini menggunakan Teori 3P oleh Adman Nursal dan Teori 4P oleh Niffenegger untuk menjawab rumusan masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam kepada narasumber, data dokumentasi dan kajian kepustakaan yang kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran politik anggota legislatif DPRD Perempuan Kabupaten Pringsewu dari Partai Golkar dilakukan dengan tiga metode yaitu pemasaran politik secara langsung, pemasaran politik melalui pihak ketiga serta pemasaran politik melalui media massa. Selanjutnya, proses keberhasilan pemasaran politik setiap calon meliputi empat aspek yaitu visi misi sebagai produk politik calon, kegiatan promosi yang dilakukan calon, biaya yang sudah dikeluarkan dan pemetaan wilayah daerah pemilihan calon.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpgs

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Ilmu Pemerintahan diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas ...